Make Appointment?
Mata juga Perlu Perawatan? – Blog VIUUM

Mata juga Perlu Perawatan?

Mata juga Perlu Perawatan?

Tidak hanya rambut, muka dan badan yang perlu perawatan lho, tapi mata kamu juga perlu dirawat! Selain dengan makan makanan dengan nutrisi yang seimbang, ada juga beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mata dan memastikan penglihatan kamu jelas : 

Asupan Omega 3. Makanan kamu harus mencakup banyak atau buah-buahan dan sayuran, terutama sayuran berdaun kuning dan hijau tua. Makan ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, dan halibut juga dapat membantu memelihara kesehatan mata kamu.

Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena diabetes. Memiliki diabetes membuat kamu lebih berisiko tinggi terkena retinopati diabetik atau glaukoma.

Berolahragalah secara teratur. Olahraga dapat membantu mencegah atau mengendalikan diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa masalah mata atau penglihatan. Jadi jika kamu berolahraga secara teratur, kamu dapat menurunkan risiko terkena masalah mata dan penglihatan ini.

Memakai kaca mata hitam. Paparan sinar matahari dapat merusak mata kamu dan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Lindungi mata kamu dengan menggunakan kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UV-A dan UV-B.

Kenakan pelindung mata. Untuk mencegah cedera mata, kamu memerlukan pelindung mata saat bermain olahraga tertentu, bekerja dalam pekerjaan seperti pekerjaan pabrik dan konstruksi, dan melakukan perbaikan atau proyek di rumah.

Hindari merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak, serta dapat merusak saraf optik.

Ketahui riwayat kesehatan keluarga. Beberapa penyakit mata diturunkan, jadi penting untuk mengetahui apakah ada anggota keluarga yang mengidapnya. Ini dapat membantu kamu menentukan apakah kamu berisiko lebih tinggi terkena penyakit mata bawaan.

Ketahui faktor risiko lainnya. Seiring bertambahnya usia, kamu berisiko lebih tinggi terkena penyakit dan kondisi mata terkait usia. Penting untuk mengetahui faktor risiko karena kamu mungkin dapat menurunkan risiko dengan mengubah beberapa perilaku.

Jika kamu memakai lensa kontak, lakukan langkah-langkah untuk mencegah infeksi mata. Cuci tangan kamu dengan baik sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Ikuti juga petunjuk tentang cara membersihkannya dengan benar, dan menggantinya saat diperlukan.

Istirahatkan matamu. Jika kamu menghabiskan banyak waktu menggunakan komputer, kamu bisa lupa mengedipkan mata dan dapat mengakibatkan mata kamu mengalami kelelahan. Untuk mengurangi kelelahan mata, coba aturan 20-20-20 yaitu setiap 20 menit sekali, jauhkan pandangan sekitar 20 kaki ke depan kamu selama 20 detik.

Tes dan Ujian Mata. Setiap orang perlu menjalani tes penglihatan untuk memeriksa masalah penglihatan dan mata. Anak-anak biasanya menjalani pemeriksaan penglihatan di sekolah atau di kantor penyedia perawatan kesehatan mereka selama pemeriksaan. Orang dewasa juga bisa mendapatkan pemeriksaan penglihatan selama pemeriksaan mereka. Tetapi banyak  dewasa juga membutuhkan lebih dari sekedar pemeriksaan penglihatan. Mereka membutuhkan pemeriksaan mata dilatasi yang komprehensif.

Sumber dari sini

Baca juga jangan sembarang pilih obat tetes mata di sini