Make Appointment?
Diet Mediterania untuk Mata Sehat, Bagaimana sih Menerapkannya? – Blog VIUUM

Diet Mediterania untuk Mata Sehat, Bagaimana sih Menerapkannya?

Diet Mediterania untuk Mata Sehat, Bagaimana sih Menerapkannya?

Degenerasi makula atau yang sering disebut Age-related Macular Degeneration (AMD) merupakan gangguan penglihatan pada orang tua. Orang tua yang terkena penyakit ini akan merasakan pandangannya memburam, yang dimulai dari titik tengah penglihatan. Kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, maupun mengenali wajah.

Sebuah studi di Eropa menunjukan bahwa pola makan yang banyak mengandung sayuran dan ikan, dan sedikit produk susu (dairy) dan daging merah atau yang dikenal dengan Diet Mediterania, berkemungkinan besar untuk mengurangi resiko AMD ini. Diet Mediterania pada umumnya mengandung:

  • Sayur-sayuran (khususnya dedaunan hijau seperti bayam)
  • Buah-buahan 
  • Kacang (almond, mete, pistachio dan kenari) 
  • Gandum utuh (beras, oats, barley , dan quinoa)
  • Ikan (salmon, tuna, mackerel)
  • Olive oil, atau canola oil dibandingkan dengan minyak goreng biasa, mentega atau butter

Peneliti menemukan kadar AMD lebih rendah diantara orang yang lebih banyak memakan sayuran, kacang-kacangan, ikan, sereal, dan buah. Pada faktanya, sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi paling tidak 150gram buah per hari menurunkan resiko AMD sebanyak 15%.

Sebaliknya, penderita AMD lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food), produk susu (dairy), dan daging merah jika dibandingkan dengan orang yang tidak menderita AMD

Studi lain juga menunjukan bahwa vitamin atau suplemen mineral memiliki peran penting bagi beberapa orang dalam menurunkan resiko AMD. Jadi, kapan kamu mau memulai Diet Mediterania ini?

Sumber dari sini

Baca juga lemak sehat yang dianjurkan unruk dikonsumsi di sini